Selasa, 19 April 2016

Jenis eksotik, asli, endemik dan invasif


JENIS EKSOTIK, ASLI, ENDEMIK DAN INVASIF
Oleh: Rawana
(No.Mhs. 15/391300/SKT/00159)

A. Jenis Eksotik
Secara terminologi eksotik adalah tumbuhan yang tidak pribumi yang didatangkan dan dimasukkan pada suatu daerah (Rifai, 2004). Sedangkan menurut Bailey (2004) tanaman eksotik  adalah jenis tumbuhan bukan asli sering diintrodusir ke wilayah sekelilingnya yang ditemukan sesuai dan kekurangan dalam mekanisme kontrol populasi seperti penyakit dan predator. Adapun pengertian eksotik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) bermakna diperkenalkan atau dimasukkan dari luar negeri, sehingga tumbuhan eksotik merupakan tumbuhan yang diperkenalkan atau dimasukkan dari luar negeri.
Dari batasan pengertian di atas dapat dirangkum bahwa tumbuhan eksotik mencakup:
1. tumbuhan tidak asli (tidak pribumi).
2. Berasal dari Luar negeri (atau suatu daerah)
3. dengan sengaja diperkenalan atau dimasukkan ke suatu daerah
4. kurang dalam mekanisme kontrol populasi seperti penyakit dan predator

Beberapa jenis tanaman eksotik di Indonesia yaitu Acacia mangium, Acacia crassicarpa, Eichhornia crassipes, Mikania mirantha dan Acacia nilotica.


Image result for acacia mangium  Image result for acacia crassicarpa  Image result for Eichornia crassipes  Image result for Mikania micranthaImage result for Acacia nilotica.
                (a)                          (b)                          (c)                                           (d)                          (e)
Gambar1.   jenis eksotik (a) A. mangium  (b) A. crassicarpa (c) E. crassipes (d) M. mirantha (e) A. nilotica

Acacia nilotica berasal dari negara Australia diintrodusir ke Indonesia untuk penghijauan.  Enceng gondok (Eichhornia crassipes) beradal dari Brazil diintrodusir pada tahun 1886 ke Kebun Raya Bogor. A.mangium dan A.crassicarpa berasal dari Queensland, Australia.  Kedua jenis ini di Indonesia dikembangkan dalam skala yang luas di daerah Kalimantan dan Sumatera sebagai Hutan Tanaman Industru sebagai bahan baku pulp maupun kertas. Acacia mangium merupakan salah satu jenis yang pertumbuhannya cepat (fast growing species) dipanen pada umur 5 tahun. Pada tahap awal produktivitas jenis ini cukup baik, dilaporkan dapat mencapai riap 30 m3/ha/th,ditanam dengan sistem monokultur. Produktivitas kayu pada daur pertama dapat mencapai 150 m3/ha/tahun. Pengalaman di lapangan menunjukkan setelah daur ke-5 produktivitas jenis ini mengalami penurunan,disamping itu juga tentan terjadi seranga patogen jamur Ganoderma sp. Akibatnya banyak pohon yang rusak dan mati.

B. Jenis Asli
Jenis asli dalam bahasa Inggris disebut indigenous atau nature adalah pencandraan sebuah jenis, rase atau takson lain yang terjadi secara alamiah dalam suatu area dan tidak diintrodusir oleh manusia (Bailey, 2004). Sedangkan Hine (2005) menyebutkan bahwa jenis asli merupakan pencandraan sebuah organisme (flora maupun fauna) yang asli pada suatu daerah,  tidak melalui introduksi  manusia.
Beberapa contoh tumbuhan asli Indonesia:
1. Cengkeh
https://cdns.klimg.com/newshub.id/real/2015/09/05/47904/tanaman-indonesia-1-3.jpg
2. Pala
https://cdns.klimg.com/newshub.id/real/2015/09/05/47906/tanaman-indonesia-1-3.jpg
3. Aquilaria spp (gaharu)




C. Jenis Endemik
Menurut Bailey (2004) endemik menggambarkan sebuah populasi atau jenis yang dibatasi kondisi geografis. Bebepa jenis endemik terbentuk akibat isolasi geografis pada sebuah pulau atau pegunungan. Kemungkinan juga peninggalan  dari kejadian persebaran jenis menjadi terbatas disebabkan karena perubahan iklim, geologis atau aktivitas manusia. Sedangkan Hine (2004) mendefinisikan endemik merupakan penggambaran sebuah populasi atau jenis yang dibatasi oleh daerah yang khusus.

D. Jenis Invasif
Jenis invasif adalah jenis baik asli maupun bukan yang mengkolonisasi suatu habitat secara masif.
Karakteristik jenis invasif yaitu mempunyai : kemampuan bereproduksi secara sexual maupun aseksual , pertumbuhan cepat (fast growing species), bereproduksi cepat, kemampuan penyebaran benih tinggi biasanya melalui angin, dan toleransi terhadap berbagai keadaan lingkungan tempat tumbuh.

Beberapa contoh jenis invasif adalah:
1. Enceng Gondok
2.Mikania micrantha
3. Acacia nilotica
4. Acacia decurent


Pustaka
Bailey Jill, 2004. The Facts on File Dictionary of Ecology and The Environment. Fact on File. Market House Book Ltd. UK
Hine Robert, 2005. The Facts on File Dictionary of Biology.  Facts on File. Market House Book Ltd. UK
Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. 2008. Edisi keempat. Departemen Pendidikan Nasional Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Rifa’i Mien, 2004. Kamus Biologi. Balai Pustaka. Jakarta

2 komentar:

  1. 1. apakah acacia mangium dan acacia crasicarva termasuk invasif.
    2. Apa ciri jenis adaptif

    BalasHapus
  2. Acacia mangium juga asli di Papua. Papua Barat dan Papu masuk wilayah Indonesia. Acacia mangium menjadi jenis asing atau eksotik atau tidak asli di Jawa, Sumatra dan Kalimantan.

    BalasHapus